Jika masuk ke Masjid Nabawi dari arah belakang sebelum rumah Nabi Saw, atau sebelah raudhah ada satu tempat yang ditinggikan lantainya dan diberi pagar sekelilingnya.  Dekat dengan dengan pintu Jibril. Tempat ini istimewa, karena dulunya tempat duduk sebagian sahabat untuk menunggu shalat,  menunggu tausiyah, dan pengajian Rasulullah Saw. Mereka ini disebut dengan Ahlu Suffah. Tempat ahlu suffah saat ini, hanya dianggap bagian dari Masjid Nabawi bagi yang tidak tahu sejarahnya.

Namun ternyata tempat ini sejarahnya sangat luar biasa, karena dari tempat inilah, salah satu jalur yang menyebakan Islam dikenal sampai ke seantero jagat, ke seluruh dunia, sampai ke generasi berikutnya. Sebuat tempat sederhana yang mungkin banyak dilupakan orang. Tidak ada keistimewaan di tempat ini, tidak sunnah shalat di tempat ini. Hanya menunjukan saja, atau dilestarikan saja sebagau bagian perjuangan Nabi Saw beserta para sahabatnya untuk mendakwahkan Islam.

 Siapa Itu Ahlu Suffah

Ahli suffah adalah sebagian sahabat Rasulullah Saw yang bisa dikatakan miskin dan menumpang di belakang atau beranda baginda Nabi Saw. Mereka kebanyak dari golongan Muhajirin (pendatang) dari kota Mekkah yang ikut berhijrah atas perintah Allah Swt. Biaya hidup mereka terkadang ditanggung oleh Nabi sendiri atau oleh sahabat lainnya atau berasal dari baitul mal (pembendaharaan umrat). Ataupun mereka datang dari tempat jauh dan menetap disana beberapa waktu untuk memperdalam Islam untuk diajarkan kembali ke kaumnya. Namun demikian keberadaan mereka tidak menjadi beban masyarakat saat itu. Karena mereka Ahlu suffah dikenal juga ahli ibadah, sangat haus akan pengajaran Islam dan mereka selalu ikut jihad ketika diseur jihad oleh Allah Swt dan NabiNya.

DIantara para ahlu suffah yang menonjol diantaranya Abu Hurairah, Abu Dzar Al-Ghifari, Abu Said Al-Khudri, Abdullah bin Mas’ud dsb. Mereka ini adalah sahabat besar dan banyak meriwayatkan hadist. Misalnya Abu Hurairah ra yang hampir kebanyakan hadist sahih dalam bukhari Muslim diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Ust. Ackmanz Lc

448393
Amani Tour

Copyright © 2013. All Rights Reserved.