Ini bukan tentang mana travel yang bagus, karena bagusnya travel haji umrah itu harus amanah dan profesional dalam pelaksanaanya. Tapi bukan berarti harus murah dengan fasilitas yang serba hebat. logisnya travel yang bagus akan sebanding dengan harga paketnya. Semakin paketnya mahal tentulah akan semakin baik. Jadi dari pada pulang umrah marah-marah karena tidak puas, dan pastinya perbuatan Anda itu akan menghaguskan amal ibadahnya, lebih baik baca dulu catatan ini.

Paketnya Mahal ?

Harga paket umrah ditentukan oleh Kurs Dollar yang berlaku, karena pembayaran tiket pesawat, visa, akomodasi dsb menggunakan US dollar. Harga paket ditentukan pula oleh jarak hotel dengan masjid, penerbangan yang digunakan, pemberian air zam-zam dsb Jadi sebenarmnya mahal atau tidaknya Paket Umrah akan ditentukan oleh beberapa faktor. Prinsip logisnya, semakin jauh jarak dengan Masjid tentu harga akan lebih murah. Atau semakin melambungnya kurs US dollar terhadap rupiah, maka harga paket rupiah akan melambung tinggi juga.

Contoh Kasus: Ada beberapa jamaah pemula bingung dengan berbagai macam harga paket umrah, contoh ada yang menjual harga paket 17 jutaan dan ada yang menjual harga paket 23 jutaan. Dengan cepat mengatakan harga paket 23 jutaan mahal sekali. Kurs US dollar misalnya per Agustus '14 adalah Rp 11.700 an atau Rp 12.000 Jadi total harga paket yang 23 jutaan menjadi US 1.900 an.  sedangkan harga paket yang 17 jutaan menjadi kira-kira US 1.400 an. Harga tiket pesawat termurah seharga 1.100 US (kalau masih ada), visa umrah paling mahal 80 an US dollar. Jadi harga US yang 1.450 dikurangi harga itu menjadi 270 US. Sedangkan perjalanan umrah harus membayar, airport tax, handling airport, bus, makan, snack, perwakilan di Saudi, air zam-zam, hotel dsb. Jadi apakah harga itu logis? Bisa jadi Anda akan ditempatkan di hotel berjarak 2 km, dengan fasilitas yg sangat minim. Tapi semua tergantung Anda.

Pastikan Manasiknya Sesuai Sunnah Nabi Saw !

Ibadah Haji Umrah adalah ibadah Mahdoh (langsung kepada Allah Swt) dan bagian dari rukun Islam. Pengetahuan Manasik yang baik dan benar sesuai ajaran Rasulullah Saw sangat berpengaruh dari haji perjalanan ibadah Anda. Bisa jadi ibadah itu sah menurut kajian fikih, namun sayang sekali jika tidak afdhol atau tidak memperoleh hasil maksimal. Pastikan bahwa pengetahuan manasik dari senuah travel diajarkan dengan baik, dan bukan hanya sekedar menunjukan cara towaf sai saja.

Kalau hanya sekedar mau umrah dengan paket murah (bukan standar travel berizin) maka resiko apapun haruslah di tanggung artinya kalau pulang tidak perlu marah, komplen, sewot sana sini.

Pastikan Travel yang Anda Ikuti Memiliki Izin Resmi Depag..!

Travel yang memiliki izin resmi dari Depag ada sekitar 150-an. Sedangkan travel yang tidak memiliki izin bisa mencapai ribuan Tentunya ada kewajiban moral memberangkatkan jamaah dengan amanah dan professional. Logisnya begini semua travel yang memiliki izin harus menyimpan deposit sebesar Rp 100.000.000 dan hanya bisa dicairkan oleh dirjen Depag. Dana tersebut digunakan jika terjadi sesuatu pada jamaah travel itu. Sedangkan yang tidak memiliki izin tentunya tidak memiliki kewajiban apa-apa karena tidak ada yang dipertaruhkan. Hal lainnya, bahwa travel yang memiliki izin harus melampirkan data-data jamaah lengkap dengan akomodasi yang akan dipergunakan. Jika tidak sesuai akan ditegur oleh Depag sampai pencabutan Izin. Jadi Anda sudah tahu perbedaan Travel yang berizin dengan yang tidak. Jadi Travel yang memiliki izin akan menawarkan harga paket yang sangat logis dan tidak menjual di bawah harga standar, atau hanya MENIPU saja. Hanya untuk mendapatkan uang dengan gampang.

Pastikan Jarak Hotel dengan Masjid..!

Tanyalah jarak hotel dengan Masjid, dan tentunya Anda harus banyak mencari tahu tentang hotel yang digunakan. Tentunya tidak cukup mendengar…ahh deket kok..jarak hotel dengan masjid akan berpengaruh pada kenyamanan ibadah Anda. Khususnya bagi yang telah sepuh. Anda tentunya tidak mau dibohongi dengan berbagai aneka bujukan hotel bintang 5. hotelnya dekat dsb, jika harga paket itu tidak logis. Bisa jadi akhirnya Anda mendapatkan hotel yang sangat jauh dengan alasan hotel yang dijanjikan sudah penuh.

Contoh Kasus

  • Terkadang Muthowif asal comot yang tidak memiliki latar belakan pendidikan agama. Asal menggunakan baju THUB (gamis), lama tinggal di Mekkah Madinah, dianggap sudah alim atau berpengalaman. Ketika ada jamaah ada yang bertanya seputar ibadah, asal jawab dan tentunya malu jika bilang tidak tahu. Kajian Fikih yang tidak berladaskan Al-Qur'an & Sunnah Nabi tentunya akan tertolak.
  • Beberapa kasus yang terjadi karena dianggap murah, ternyata setelah tiba di Saudi, para jamaah diminta uang lagi bahkan ada yang mengertak tidak bisa pulang. Banyak yang menawarkan harga paket murah dengan fasilitas hotel bintang 5, namun ternyata sampai disana mereka ditumpuk dalam 1 kamar sampai 7 orang meskipun di hotel bintang 5 tanpa diketahui oleh pihak hotel. Hal ini tentulah kebohongan dan khianat oleh pihak travel. sebuah ibadah yg dilandasi dengan khianat tertolak bahkan lebih besar dosanya karena dilakukan di daerah suci.
  • Terkadang ada travel yang menggunakan bis Badu (omprengan) selama di tanah suci yang dimiliki perorangan bukan perusahaan, ketika terjadi kerusakan, keberangkatan jamaah tertunda ber jam-jam. Beda jika menggunakan bis perusahaan yang cenderung lebih mahal, namun jika terjadi sesuatu akan cepat diatasi oleh tim mekanik mereka.

Jadi sayangi uang Anda, jika memang dana belum mencukupi bersabarlah sampai cukup. Ingat ! ibadah haji umrah dipanggil Allah Swt bagi yang ISTHITHOAH (mampu). Jika Anda memaksakan diri tentulah tidak akan memperoleh keutamaan, bahkan hanya mudarat betapapun Anda merindukan Ka'bah

449576
Amani Tour

Copyright © 2013. All Rights Reserved.