Ujian Allah Swt kepada makhlukNya terus berjalan tiada henti bahkan dalam beribadah sekalipun, sampai ruh hilang dalam jiwa. Al-Qur’an menjelaskan:“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka. Sungguh Allah mengetahui orang-orang yang benar dan Dia mengetahui orang yang dusta (bohong dalam beragama).” (QS. Al-Ankabut: 2-3)

 

Sayang sekali bagi para jamaah Haji Umrah ketika melaksanakan ibadah dihiasi dengan banyak penyakit batin, seperti: cemberut, marah, komplen, sindir sana sini, ngak puas dsb. Padahal semua yang terjadi adalah takdir Allah Swt yang tidak bisa digugat. Ibadah haji umrah itu adalah replika kita di padang mahsyar (akhirat) kelak, masa sih gladi resik perjalanan mati harus diwarnai dengan penyakit batin? Sayangi jiwa Anda. Mungkinkah ibadah itu diterima, maqbul, mabrur, jiwa tentram, batin nikmat jika batin kosong dari rasa syukur? lisan dipenuhi dengan dzikir ? raga dipenuhi macam ibadah ?.

Sedekat apapun hotel yang ditempati, sebanyak apapun tawaf sunnat yang dilakukan, berapapun  umrah yang dilakukan, atau sehebat apapun travel yang diikuti. Ternyata yang menjadi maqbul dan mabrur itu orang yang sanggup menerima ujian Allah Swt dengan ikhlas, ridha, thuma’ninah (jiwanya tenang), sabar bahkan banyak bersyukur. Ingatlah sebuah ayat menjelaskan:

“Dialah Allah yang telah menciptakan kematian dan kehidupan untuk menguji kamu, siapakah di antara kalian yang terbaik amalannya dan Dialah Allah yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.” (QS. Al-Mulk: 2)

Ternyata rahasia diterimanya amal soleh dalam ibadah adalah ketika mampu pula menghadapi ujian Allah Swt

Berbagai Pertanyaan Seputar Umrah

Dibawah ini sengaja dibuat berbagai tanya jawab seputar umrah dengan berbagai solusinya. Namun yang pasti hotel dekat masjid, pesawat yang enak, pelayanan memuaskan harus pula sebanding dengan harga yang dibayar. 10 (sepuluh) tahun yang lalu masih banyak hotel-hotel berbagai bintang bertebaran di sekitar masjid Haram Mekkah. Saat ini kenyataan itu sudah tidak mungkin. Dengan kata lain, hotel dekat masjid, pesawat bagus, transport nyaman, makanan nikmat dsb akan sebanding dengan harga paket yang dipilih. Harga paket diatas USD 2.500 tentulah akan sangat nyaman, dibanding dengan harga paket dibawah itu.

 

Tapi Bagaimana Carannya Paket Standar Ini Bisa Nyaman Nikmat ?

Tentunya jiwa batinlah yang menentukan. Karena semewah apapun hotel yang ditempati, semahal apapun paket yang diikuti, jika jiwanya tidak banyak bersyukur atas semua mikmat Allah Swt, pastilah semuanya tidak nyaman. Maka carilah solusi agar hati selalu tenang dan beraplikasi membuahkan rasa syukur. Ingat ! Al-Qur’an mengecam orang yang tidak mau bersyukur, sebaliknya orang yang bersyukur, menikmati apa yang diberikanNYA bertambahlah kebahagiaanya:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku; tidak pandai bersyukur), maka sungguh adzab-Ku sangat pedih." (QS. Ibrahim: 7)

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku." (QS. Al Baqarah: 152)

 

Kok Hotelnya Jauh ?

Ada berbagai macam paket dari hotel yang dekat masjid hingga beberapa ratus meter silahkan sesuaikan dengan bujetnya. Karena tidak mungkin saat ini paket murah dekat masjid dengan adanya pembongkaran hotel-hotel sekitar masjid.

SOLUSI: Carilah paket yang dekat masjid yang berkisar USD 2.400 ke atas bahkan ada beberapa paket di travel lain yang menjual diatas USD 3.300 (sekitar Rp 39.000.000,-). Tentu sangat nyaman sekali dengan paket seharga itu.

 

Kok Tidak Ada Pembingbing Dari Tanah Air ?

Amani Tour memangkas biaya yang dianggap akan membengkak, agar harga paket semakin murah dan terjangkau. Dengan memberangkatkan pembimbing dari tanah air berarti harga paket akan lebih mahal karena pada dasarnya biaya pembimbing itu dibayar dari dana jamaah itu sendiri. Selain itu tiket pesawat saat ini semakin mahal dan hanya diberi untuk jamaah. Sedang kebanyakan jamaah membawa keluarga. Jika memberangkatkan Tour Leader dari tanah air, ada tiket yang akan digunakan dan tentunya ada salah satu  keluarga jamaah tidak kebagian tiket, tentu hal ini harus dihindari.

Jawab: Insya Allah telah kami siapkan Muthowif handal dan berpengalaman yang siap menerima jamaah AMANI di tanah suci, dari sejak penjemputan dari bandara hingga kebandara lagi. Bahkan perwakilan kami telah disiapkan di setiap kedatangan.

 

Kok Paketnya Mahal ? Sedangkan Ada Tawaran Pake Hotel *5 Seharga Paket ini ?

Beberapa kasus yang terjadi karena dianggap murah, ternyata setelah tiba di Saudi di tempatkan di hotel yang bahkan lebih jauh dengan alasan hotelnya penuh. Atau dalam beberapa kasus memang benar di tempatkan di hotel berbintang, tapi ditumpuk sampai 7 orang dalam 1 kamar. Hal seperti ini kebohongan dan dusta di tanah suci. Atau bahkan banyak fasilitas yang dijanjikan tidak ada. Makan disuruh beli sendiri, tidak ada pembagian air zam-zam dsb.Logisnya harga paket tidak mungkin menipu, jadi jangan sia-siakan dana Anda karena bujuk rayu. Ketika tidak puas mencak-mencak, marah, dsb. Sangat disayangkan sebuah ibadah dikotori lagi perbuatan jiwa raga hanya karena termakan bujuk rayu.

Jawab: Travel Haji Umrah yang memiliki izin resmi DEPAG, pasti akan menawarkan harga standar karena memiliki tanggung jawab moral. Atau jelasnya travel yang memiliki izin, telah  mendopositokan ratusan juta sebagai syarat kepemilikan izin. Tentunya tidak akan mengorbankan yang mustahil yang bisa jadi mengakibatkan pencabutan izin dari DEPAG. Sedangkan travel ecek-ecek tidak akan rugi apapun ketika membohongi jamaah.

 

Kamar Saya Kok Kotor ? Saya Ngak Nyaman ?

Mohon dimengerti kota Mekkah Madinah adalah kota tersibuk di dunia, setiap hari ada puluhan bahkan ratusan dari berbagai Negara yang check in dan check out. Bahkan terjadi di hotel berbintang sekalipun, tentu saja ada yang luput dari petugas cleaning service.

Solusi: Buatlah senyaman mungkin, panggil cleaning service atau bahkan kasih tips sambil niatkan beramal soleh di tanah suci, suruh mereka membersihkan. Hati Anda akan nyaman nikmat sambil beramal soleh. Dari pada marah ngak karuan, kesal, nyalahin sana sini, tentu sayang sekali dana yang keluar jutaan hanya membuat jiwa raga pemarah bukan ridho dan ikhlas. Ketika pulang apa yang diraih ?

 

Telat Melulu Jadwal ? Kok Kagak Tepat Waktu…Kagak Profesional Nih…

Seperti yang dijelaskan diatas, Anda berada di Mekkah Madinah, kota tersibuk di dunia. Jarang sekali ada bus yang tepat waktu, coba perhatikan antrian bus yang memanjang sampai puluhan bis.

Solusi: banyaklah berzikir ketika di waktu luang, tahmid, tasbih, shalawat dsb. Perlu diingatkan kembali Anda musafir (orang yang sedang bepergian) doanya mustajab (hadist sahih) dan bahkan Anda sedang dalam keadaan beribadah. Bukankah lebih baik banyak berdoa dan berzikir? tambah pahala, hati sejuk nikmat dan Insya Allah maqbul nya umrah tinggal diraih. Anda marah kagak karuan, hati tambah suram, mulut berbuih buruk, hati tidak nyaman dsb. Sayang sekali jika hal ini terjadi. Lagian dengan kemarahan tidak akan merubah keadaan.

 

 

Makannya Ngak Enak..?

Insya Allah, Amani Tour menyajikan makanan Indonesia yang menurut kami bisa diterima lidah. Namun ada beberapa hotel tidak membolehkan catering luar (termasuk catering Indonesia) masuk ke dalam hotel. Koki mereka sendiri, tentunya jauh dari selera Indonesia, namun itulah standar hotel yang kita sewa sesuai bujet yang ditawarkan.

Solusi: bawalah makan ringan dari Indonesia seperti abon, serundeng dsb dan jika makanan dianggap tidak memenuhi selera, Anda bisa menikmatinya dengan apa yang dibawa. Atau banyak fast food seperti KFC di seputar masjid. Buatlah senyaman mungkin agar tehindar dari pikiran buruk yang berakibat hilangnya pahala.

 

Liftnya Ngantri, Makan pun Ngantri..?

Ketika kita hendak berangkat ke tanah suci, seharusnya sudah terbayang di benak bahwa kepergian ini tidak seperti melawat ke Singapore, Malaysia, bali atau negara lainnya. Artinya akan banyak antrian baik ketika hendak naik turun lift, jam makan bahkan di masjid sekalipun.

Solusi: Bisa datang awal waktu pada jam makan setelah shalat. Atau agar enak di hati bilang saja di hati….Yo wis ndak apa-apa, kalau ngantri ikut antri, kalau habis makananya, beli di luar aja deh…mudah-mudahan ini jadi kafarat dosa-dosa saya

ini solusi jitu, enak di hati, nyaman dalam beribadah, jiwa raga terhindar dari keburukan. Masih banyak pertanyaan yang tidak mungkin ditulis disini

 

Kesimpulan

  • Siapkan jiwa raga sebelum barangkat Haji Umrah: mulailah shalat tahajud, tadarus Al-Qur’an, baca buku manasik, banyak shalawat, mengerjalan shalat-shalat sunnat dsb. Tidak mungkin tanpa persiapan ibadah yang memadai akan langsung berbuah maqbul. Tidak mungkin kan soleh bisa dikejar dalam 9 hari saja!Jangan pusingkan dulu masalah sepele, bawa baju apa, bawa berapa banyak uang riyal atau dollar, bawa oleh-oleh apa nanti, baju seragam dimana jahitnya dsb. Ayat Al-Qur’an menjelaskan:
  • “Persiapkanlah bekal, dan sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa....” (QS.Al-Baqarah : 197) Arti ayat ini, takwa, alias ridho, ikhlas atau usaha kesolehan diri ketika berangkat kemanapun itulah yang paling diinginkan Allah dari kita. Akhirnya berbuah kebahagiaan dan kenikmatan. 

        Berbekal jauh dari usaha untuk takwa, hanya akan menyenangkan mata tanpa ada hasil maksimal.

  • Jaga prilaku, jaga lidah, jaga jiwa, sebuah ibadah kepada Allah Swt sehebat apapun tidak akan diterima jika ia banyak menyakiti orang lain, menyinggung perasaan orang lain dsb. Bukankah tobat kepada Allah Swt sangat mudah ? tapi syarat tobat terhadap sesama manusia tidak akan diterima bila tidak meminta ridho dan maafnya. Artinya minta maaf adalah kunci diterima tobatnya seseorang. Sayang sekali kan haji umrah pahalanya tidak diterima jika dia tidak meminta maaf kepada orang yang pernah disakitinya. Apalagi kepada orang tua, saudara atau saudara muslim lainnya.

Semoga Umrahnya MAQBUL, JIWA & BATIN NIKMAT, banyak SOLUSI dalam Hidup. Insya Allah datanglah keberkahan hidup

 H. Ackman Lc. M.Si

 

449574
Amani Tour

Copyright © 2013. All Rights Reserved.