Salah satu paket yang disediakan oleh AMANI TOUR adalah Umrah plus Istanbul.Sebuah kota tua nan indah, dimana kota ini pernah menjadi pusat kekhalifahan Utsmaniyah (ottoman) yang merupakan kekhalifahan terbesar dalam sejarah Islam. Banyak terdapat masjid-masjid indah di kota ini diantaranya masjid sultan Ahmed yang lebih dikenal dengan sebutan masjid biru karena kubah penutupnya berwarna biru. Masjdi ini  dibangun  Sultan Ahmed I tahun 1609 selesai tahun 1612 M

Akan tetapi cat biru tersebut bukan merupakan bagian dari dekor asli masjid, maka cat tersebut dihilangkan. Sekarang, interior masjid ini tidak terlihat berwarna biru. Sultan Ahmed membangun Masjid Biru untuk menandingi bangunan Hagia Sopia (Aya Sofia; Masjid yang dibangus di atas bekas gereja) buatan kaisar Bizantium yaitu Constantin I.

Masjid Hagia Sopia berada dekat dengan Masjid Biru. Masjid Biru memiliki 6 menara dan merupakan satu dari dua buah masjid di Turki yang mempunyai enam menara, yang satu lagi berada di Adana. Kabarnya, akibat jumlah menara yang sama dengan Masjidil Haram di Mekkah saat itu, Sultan Ahmad mendapat kritikan tajam sehingga akhirnya beliau menyumbangkan biaya pembuatan menara ketujuh untuk Masjidil Haram. Yang menarik, sebuah rantai besi yang berat dipasang di atas pintu gerbang masjid sebelah barat. Di masa lalu, hanya Sultan yang boleh memasuki halaman masjid dengan mengendarai kuda, dan rantai ini dipasang agar Sultan menundukkan kepalanya saat melintas masuk agar tidak terantuk rantai tersebut. Ini dimaksudkan sebagai simbol kerendahan hati penguasa di hadapan kekuasaan Allah Swt.

448385
Amani Tour

Copyright © 2013. All Rights Reserved.