Shalat di masjid Quba berpahala seperti pahala berumrah, dengan syarat harus wudhu dulu di rumahnya. Rasulullah Saw bersabda: “Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia shalat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala umrah.”(HR. Tirmizi dan Ibnu Majah) Jadi berpahala umrah itu jika wudhu dulu di hotel bagi yang berhaji atau umrah kemudian shalat di masjid Quba. Bagaimana kalau tidak wudhu atau belum punya wudhu sebelum datang ke Masjid?

Berarti hanya berpahala shalat sunnat saja seperti halnya shalat di masjid-masjid di sebelah rumah. Masjid Quba inilah yang dimaksud oleh Al-Qur’an dalam sebuah ayat: "Sesungguhnya mesjid yang didirikan atas dasar takwa (Mesjid Quba), sejak hari pertama adalah lebih patut kamu sholat di dalamnya. Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bersih." (QS At Taubah: 108)

Di masjid inilah pertama kali dibangun oleh Nabi Saw ketika hijrah, disini beliau banyak berdoa dengan pilu karena kesedihannya meninngalkan kota yang dicintainnya.

448392
Amani Tour

Copyright © 2013. All Rights Reserved.