Get Adobe Flash player

 

 Maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan” ah” dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah: Wahai Rabbku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil.” (QS. Al-Israa: 23-24)

Tiga macam do'a (yang) dikabulkan tanpa diragukan lagi, yaitu doa orang yang dizalimi, doa kedua orang tua, dan do'a seorang musafir (yang berpergian dg tujuan baik). (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Hadist Sahih)

 

Salah Satu Kiat Orang Sukses…

Alhamdulilah, kami sering mengantar orang untuk berhaji atau berumrah, baik sebagai pembimbing Ibadah ataupun pergi bersama keluarga. Di saat menjadi pembimbing Ibadah, berbagai macam watak dan peranggai jamaah sering ditemui. Beberapa kali saya sering mengamati jamaah yang dianggap mapan, sukses dalam bisnis atau karir. Dan semuanya jawabannya satu..apa itu?? Ternyata mereka adalah orang-orang yang sangat menghormati dan mentaati kedua orang tuanya,khususnya sang Ibu.

Kategori hormat dan taat ini bukan saja taat dan patuh, namun pula mengurus semua keperluan ketika orang tuanya sudah tua.

 

Ortu Bukan Tempat Curhat Saja…Uruslah Mereka

Orang tua bukan sekedar curahan hati kita, ketika ditimpa masalah baik dalam rumah tangga, pekerjaan, kita langsung telepon orang tua dan mulailah curhat. Namun ketika butuh bantuan atau ketika dapat rezeki, berbagai alasan kita ungkapkan:

“Duh…maaf yah bu, saya sibuk dengan kerjaan..ntar deh yah kalau ada waktu luang….

…Wah bu/Pak, saya nggak punya duit sekarang…Ibu kan tahu gaji saya berapa! Belum lagi keperluan rumah tangga???...

...Suami saya tuh Pak...nggak tahu perasaan saya...nggak pernah ngebahagiain aku...!!!

…..Kenapa sih Pak minta uang terus?? Kan Bapak tahu saya nih cuman pegawai negeri???

Dan masih banyak lagi alasan kita yang pada dasarnya menunjukan betapa kita sering menjadikan orang tua tempat mengadu, tempat curhat semua kesulitan kita. Seakan-sekan mereka hanya mendengar semua ocehan kita, semua kesulitan kita dari kecil sampai berkeluarga sekalipun....

Sudah saatnya kita membahagiakan orang tua kita....Kita punya masalah keluarga/rumah tangga..Sssttt jangan bilang mereka..

Kita punya masalah dengan pekerjaan...ssttt mereka tidak perlu tahu...

Beri kabar yang gembira saja...agar hatinya senang dan bahagia.

Tahukah…!!! Ternyata permintaan orang tua kita ini…apapun permintaannya..akan mengundang rahmat dan berkah Allah??? Apa tuh???..sukses dan bahagia…

Minimal bahagiakan hati mereka, tampakan di depan mereka bahwa kita anak yang baik, patuh dan taat.

 

Jawabannya Satu….Hormati, patuh dan sayangi Orang Tua ..!!

Berbagai persoalan hidup pastilah silih berganti datang dalam kehidupan kita, dan ini adalah satu kewajaran. Nah, salah satu solusi jitu menghadapi persoalan ini adalah meminta doa orang tua kita,selain kita hormati mereka pula, kita urus keperluan mereka dengan kemampuan yang ada. Ketika kita mendapat rezeki, kirim sebagian rezeki kepada mereka, kirim makanan yang baik, urus mereka. Lihat dapur mereka, mungkin ada yang kurang, urus sandang pangan mereka….Kalau kita sering Hang Out…ajaklah mereka sekali-kali.

Tanya mereka...Apa yang mereka mau!!! Kita mungkin hebat dalam pandangan orang, supel, pandai bergaul, selalu mengikuti mode, shoping di mall, karir ok, pekerjaan bagus... de el el…

tapi mungkin saja kita dikutuk Allah, manakala kita membiarkan orang tua kita..nun jauh disana, hanya nonton TVRI di TV butut atau mungkin hanya mendengarkan radio saja, sedangkan kita sering nonton di 21,.

Kita siapkan dana untuk haji dan umrah..namun ortu kita..tidak kita ajak dengan alasan dana hanya cukup untuk berdua saja. Sukseskah kita dengan cara seperti itu??? Akankah Allah memandang kita sebagai seorang hamba yang soleh dan taat??? Nudzubillah min dzalik… Ternyata ketika kita sukses, bahagia…itu bukan karena tangan kita….nun jauh disana orang tua kita mendoakan untuk kita hatinya senang, bahagia karena kita telah membahagiakan mereka…

Untuk Ibuku….Dengan kasih sayangmu,..aku bisa begini…dengan didikanmu…aku bisa menikmati hidupku…Ya Allah Ya Karim..maafkan aku yang belum menjadi anak yang patuh dan taat…..terimalah amal solih ibuku..Ya Allah…luaskan dan terangi kuburnya..

Ust. Ackmanz Lc

449519
Amani Tour

Copyright © 2013. All Rights Reserved.